Selasa, 29 Desember 2009

Revolusi Teknologi - Dampak Positif dan Negatif


Kemajuan teknologi yang begitu pesat seakan membuat informasi menjadi tak terbatas dan takkan ada habisnya. Seperti layaknya udara, kita bisa menghirupnya kapan saja, dimana saja dan takkan habis. Inilah era baru yang tengah kita hadapi sekarang ini.
(Finroll Lifestyle) - Saat ini kita hidup di dunia yang sedang mengalami tranformasi sejarah multidimensi. Dimana teknologi berkembang dengan gencarnya di luar bayangan kita sebelumnya. Kita tidak bisa menyanggah fakta bahwa dunia saat ini sedang dalam proses ke arah perombakan kreativitas, inovasi dan evolusi.

Perkembangan ilmu dan teknologi dimulai dari revolusi ilmiah Copernicus pada 1542. Dilanjutkan dengan revolusi industri tahun 1771 dan penemuan mesin uap pada 1829 yang disebut era pertama dimulainya revolusi teknologi. Pada era ke-2 dan 3 revolusi teknologi ditandai dengan ditemukannya teknik listrik, industri berat dan juga automobil. Namun pada era ke-4, revolusi teknologi dihadapinya dengan adanya perang dunia ke-2 dimana menyebabkan baby boom, economic boom dan dimulainya perang dingin.

Baru di era ke-5 lah revolusi teknologi di bidang informasi mulai menunjukkan perkembangannya dengan lahirnya internet pada 1969 dan lahirnya google di tahun 1996. Era ini juga ditandai dengan peristiwa runtuhnya tembok Berlin yang memisahkan Jerman Barat dan Timur, dan juga berakhirnya perang dingin. Di tahun 2002, internet mulai populer di kalangan masyarakat dengan meledaknya the dot com bubble.

Kelahiran era digital memang dimulai dari tahun 1947-1979, dimana internet pertama kali digunakan, email, kelahiran PC, laptop dan juga macintosh. Selanjutnya dari tahun 1980, mulai bermunculan aplikasi bisnis komputer, handphone dan lahirnya the world Wide web (www) pada tahun 1989. Akhirnya sampai di era sekarang dimana semakin maraknya perkembangan teknologi informasi, seperti digital TV, teknologi wireless dan smartphone.

Dalam workshop yang digelar pada Indocomtech 2009, Engr. Jonathan Anthony Ybanez, selaku SEO PT Finroll yang bertindak sebagai pengisi materi menjelaskan bahwa revolusi teknologi informasi membawa dampak positif dan juga dampak negatif bagi kehidupan sosial dan ekonomi umat manusia. Sisi positifnya, revolusi teknologi informasi membuat semakin berkembangnya peluang pasar bisnis, mempromosikan outsearching, biaya teknologi murah dan mudahnya berbagi informasi.

Namun sayangnya revolusi teknologi informasi juga membawa dampak negatif dengan terlalu overloadnya informasi, munculnya internet predator, isolasi sosial, media saturasi dan masalah copyright dan trademark.

Untuk kedepannya, Jonathan juga menggambarkan dua kemungkinan arah perkembangan revolusi teknologi informasi ini. Bisa ke arah positif, seperti misalnya kemajuan ilmu kedokteran, ditemukannya sumber energi baru, super komputer untuk rumah atau gaya hidup yang lebih baik. Namun bisa saja ke arah negatif yang akan menimbulkan pengucilan sosial, kemiskinan dan keputus-asaan juga penghancuran global. Semua ini tergantung dari cara kita menanggapi revolusi teknologi yang tidak akan pernah ada habisnya.

(FR/Ruby)
http://lifestyle.id.finroll.com/others/149470-revolusi-teknologi-dampak-positif-dan-negatif.html

1 komentar:

  1. Terima kasih ya gan atas artikelnya, thanks for sharing :) inspiratif..!!!

    BalasHapus